GUBERNUR & WAKIL GUBERNUR


Idul Fitri


Kepala BPKB SULUT

Mieke Juliana Tumbol
Kepala Balai

Agustus, 2016
MSSR KJS
 123456
78910111213
14151617181920
21222324 252627
28293031   





Artikel (12)
Dikkel (5)
Dikmas (7)
Diktara (4)
Gender (5)
GTK (23)
MITRA (71)
PAUD (22)
PKH-Suslat (8)




UNDANGAN PESERTA DIKLAT CALON PELATIH GTK PAUD

PEMANGGILAN PESERTA APRESIASI

INSTRUMEN PENDATAAN SKB-1

PORTOFOLIO FORM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA BADAN AKREDITASI PROVINSI (BAP) PAUD-PNF SULUT






14 Juni 2016
Diklat Pendidik/Tutor PAUD Lanjutan Se Sulawesi Utara

09 Mei 2016
TC Peserta Apresiasi GTK-PAUD DIKMAS Berprestasi Tkt Nasional 2016 Utusan Sulut (DITUNDA 12-18 MEI)

20 April 2016
Seleksi Apresiasi GTK-PAUD DIKMAS Berprestasi Tkt Prov. Sulut 2016 (DITUNDA 28-29 APRIL 2016)

04 April 2016
UN SMA-SMK-MA dan UN Kesetaraan Paket C




BERANDA » GTK »
Kamis, 28 Maret 2013 - 12:53:48 WITA
Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Nasional di Batam 2 - 8 Oktober 2013
Diposting oleh : Administrator
Kategori: GTK - Dibaca: 52891 kali

Manado. Sebagaimana surat resmi Direktur Jenderal PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 81B/PTK/2013 tanggal 14 Maret 2013 perihal Revisi Pelaksanaan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 sebagai tindak lanjut surat bernomor 284/B/PTK/2012 tertanggal 5 Desember 2012 yang telah dikirim kepada Gubernur Seluruh Indonesia dengan tembusan antara lain kepada Kepala Dinas Pendidikan  dan kepada Kepala Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) menginformasikan bahwa kegiatan yang dikemas dengan tema “Melalui Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Kita Wujdukan PTK PAUDNI yang Kompetitif, Profesional dan Berkarakter,” direvisi waktunya dan disempurnakan pelaksanaannya.

Secara resmi pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan tanggal 2-8 Oktober 2013 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

“Surat tembusan mengenai revisi dari Ibu Dirjen juga sudah kami terima, dan akan kami tindaklanjuti  dengan menyurat ke Sanggar-Sanggar Kegiatan Belajar di Sulawesi Utara agar dapat menyiapkan Pamong Belajar dan lembaga-lembaga binaan SKB,” ungkap Ir. Anna Wuisan, M.Si selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPKB Provinsi Sulawesi Utara.

Menyangkut acara ini kegiatannya disempurnakan lagi,  ada 15 (lima belas) kategori Lomba Perorangan dan 2 (dua) kategori Lomba Kelompok.

I. Lomba Perorangan, meliputi :

1. Pengelola PAUD, dengan tema Manajemen PAUD Berbasis Masyarakat (1 Desa 1 PAUD), jenis  Lomba  Karya Tulis/LKT, 2. Pendidik PAUD : Peningkatan Kreativitas PAUD melalui Dongeng Anak Usia Dini, jenis Lomba Karya Nyata/LKN, 3. Pamong Belajar : Strategi Peningkatan Kompetensi Pamong Belajar dalam Mendukung Pelaksanaan Program PAUDNI yang Efektif, jenis LKT, 4. Penilik: Strategi Pembimbingan bagi PTK PAUDNI yang Efektif, jenis LKT, 5. Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM): Strategi Mengembangkan Kemitraan dalam rangka Meningkatkan Kemandirian Lembaga, jenis LKN, 6. Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM): Meningkatkan Budaya Baca Masyarakat Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal, jenis LKN, 7. Tutor Pendidikan Keaksaraan : Strategi Pembelajaran Keaksaraan Berbasis Kecakapan Hidup, jenis LKN, 8. Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB): Strategi Membangun Kemitraan dalam rangka Kemandirian SKB untuk Layanan Pembelajaran Masyarakat, jenis LKN, 9.                Instruktur Komputer : Pembuatan Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, jenis LKN, 10.          Instruktur Tata Rias Rambut : Teknik Pembelajaran Penataan Sanggul, jenis LKN, 11. Instruktur Hantaran Pengantin : Teknik Pembelajaran Pembuatan Hantaran, jenis LKN, 12.  Instruktur Kursus Tata Busana : Teknik Pembelajaran Menjahit Busana Nasional Wanita dengan Sentuhan Daerah yang Dimodifikasi untuk Pengantin Daerah, jenis LKN, 13. Instruktur Seni Tari : Teknik Pembelajaran Seni Tari Tradisional Daerah, jenis LKN, 14. Instruktur Keterampilan Merangkai Bunga : Teknik Merangkai Bunga dan Desain Floral, jenis LKN, 15. Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) : Inovasi Pemasaran LKP tentang Program Lulusan Kursus, jenis  LKN.

II. Lomba Kelompok, meliputi :

1. Seluruh Peserta Lomba, tema : Senam Poco-Poco Kreasi Masing-masing Provinsi, jenis lomba : Olahraga. 2. Seluruh Peserta Lomba, tema : Paduan Suara dengan lagu wajib Mars PTK-PNF, Lagu Pilihan (Mars Ikatan Penilik Indonesia, Mars HIPKI, Mars HIMPAUDI, atau Hymne HISPPI Insan Mulia).

Sebagai langkah pemantapan kegiatan maka Direktorat PPTK PAUDNI akan menyelenggarakan Orientasi Teknis Pelaksanaan Apresiasi di bulan April 2013 dengan mengundang Kepala Bidang yang menangani ketenagaan PTK PAUDNI pada Dinas Pendidikan Provinsi  dan para Kepala BPKB.

“Mengingat waktu pelaksanaan tingkat nasional tanggal 2-8 Oktober 2013, secara otomatis untuk Sulawesi Utara rencana kegiatan seleksi tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus, untuk tingkat provinsi  pada awal September dilanjutkan dengan pemusatan pelatihan bagi pemenang seleksi tingkat provinsi dan selanjutnya akhir September siap diberangkatkan menuju Batam untuk mengikuti lomba tingkat nasional,” demikian tambah AW sapaan Anna Wuisan.

AW juga merinci bahwa untuk kegiatan seleksi Kabupaten/Kota ditangani oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota, untuk seleksi tingkat provinsi dan pemberangkatan menuju Batam ditangani oleh Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara, sedangkan pelaksanaan pemusatan pelatihan (training center) ditangani oleh Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Provinsi Sulawesi Utara.

Sepertinya menjadi tradisi selama lima tahun berturut-turut mulai 2008 Kontingen Sulawesi Utara berhasil menjadi Juara I kategori Lomba Perorangan Mendongeng di Semarang, 2009 Juara I Kategori Kelompok Paduan Suara di Jogja, 2010 di Surabaya, 2011 di Lombok, dan 2012 Juara II di Jakarta, hal ini sebuah pencapaian yang cukup menggembirakan yang dinilai oleh banyak kalangan.

Gelaran ini merupakan salah satu agenda tahunan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka memberikan penghargaan kepada para Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI yang berprestasi dan telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan kesejahteraan pendidikan di tengah-tengah masyakarat. Selamat Mempersiapkan Diri. (mul).



"TIDAK ADA INVESTASI YANG PALING MENJANJIKAN SELAIN CHILDHOOD EDUCATION (PAUD)"

(Harris Iskandar, PhD., Dirjen PAUD-DIKMAS Kemendikbud)


Visit Indonesia


Marijo Ka Manado







Pengunjung hari ini : 144
Total pengunjung : 436900

Hits hari ini : 1118
Total Hits : 8688282

Pengunjung Online: 6