GUBERNUR & WAKIL GUBERNUR


Kepala BPKB SULUT

Mieke Juliana Tumbol
Kepala Balai

September, 2017
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
171819 20212223
24252627282930





Artikel (12)
Dikkel (5)
Dikmas (9)
Diktara (4)
Gender (5)
GTK (23)
MITRA (75)
PAUD (22)
PKH-Suslat (8)




UNDANGAN DIKLAT TEKNIS PB

UNDANGAN PESERTA DIKLAT CALON PELATIH GTK PAUD

PEMANGGILAN PESERTA APRESIASI

INSTRUMEN PENDATAAN SKB-1






12 September 2017
Diklat Pengelolaan Lembaga PAUD

14 Juni 2016
Diklat Pendidik/Tutor PAUD Lanjutan Se Sulawesi Utara

09 Mei 2016
TC Peserta Apresiasi GTK-PAUD DIKMAS Berprestasi Tkt Nasional 2016 Utusan Sulut (DITUNDA 12-18 MEI)

20 April 2016
Seleksi Apresiasi GTK-PAUD DIKMAS Berprestasi Tkt Prov. Sulut 2016 (DITUNDA 28-29 APRIL 2016)




BERANDA » MITRA »
Kamis, 31 Agustus 2017 - 11:10:47 WITA
Luar Biasa, Acara HUT HIMPAUDI di Sulawesi Utara
Diposting oleh : Mulya W
Kategori: MITRA - Dibaca: 75 kali

Manado - Gerakan antusiasme yang dikoordinasi oleh Pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Wilayah Sulawesi Utara, meriahkan acara Jalan Santai Serentak, Kamis, (31/8/2017) pagi.  

Sekira 2.400 peserta terdiri dari komponen Guru dan Tenaga Kependidikan Kota Manado dan sekitarnya serta Pengurus HIMPAUDI Sulawesi Utara, tumpah ruah memeriahkan acara itu

Dimulai dan berakhir di halaman Manado Trade Center (MTC) Kawasan Bisnis Megamas Manado, dalam rangka peringatan HUT Ke-12 HIMPAUDI, dengan tema “Langkah Bersama Menuju Kesetaraan Guru PAUD” itu dilepas langsung oleh Prof. Dr. Julyeta Paula Runtuwene, MS,DEA selaku Ketua Pengurus Wilayah HIMPAUDI Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelum melepas peserta jalan santai, isteri Walikota Manado itu membacakan sambutan Ketua Umum Pusat HIMPAUDI.

Bunda Paula yang juga Rektor Universitas Negeri Manado itu mengomandoi Pekik HIMPAUDI JAYA,, INDONESIA JAYA,, membahana sepanjang kawasan yang dilalui para peserta jalan santai serentak, 96% didominasi ibu-ibu guru PAUD.

Usai jalan santai serentak acara dilanjutkan dengan Senam Nusantara (Maumere), bahkan peserta meminta untuk diulang lagi senam itu karena merasa belum puas.

Sejumlah peserta yang sempat ditemui kru bppauddikmassulut, menyampaikan aspirasinya, agar tingkat kesejahteraan guru PAUD diperhatikan.

“Dirgahayu HIMPAUDI”, ucap Ketua HIMPAUDI Sulawesi Utara mengakhiri kegiatan itu, sambil mengingatkan bahwa dua hari lagi MANADOFIESTA 2017,  sebuah acara yang akan meng-explore wisata dan budaya berkelas Internasional akan digelar di kota itu. (b-290/mul)

 

SAMBUTAN KETUA UMUM PP HIMPAUDI PERINGATAN HUT Ke-12 HIMPAUDI

Assalamualaikum  warahmatullahi wabarokatuh

Salam Cinta Anak Usia Dini Indonesia

Salam sejahtera buat kita semua

Marilah kita mensyukuri bersama, HIMPAUDI sudah berusia 12 tahun. Segenap terimakasih kepada semua pihak yang telah melahirkan HIMPAUDI  pada tanggal 31 Agustus 2005 di Malang. Yang telah membuat Logo HIMPAUDI dengan gambar lompatan orang dewasa dan anak yang sama-sama memegang tiang bendera Merah Putih dengan simbol hati ditengahnya.  Ini lambang “lompatan bersama pendidik dan anak didik dalam menggapai cita-cita membangun Indonesia dengan segenap cinta dan kasih sayang”.

HIMPAUDI lahir pada tahun yang sama saat Undang-Undang Guru dan Dosen (UU No.14/2005) disahkan. Undang-undang ini bentuk pengakuan dan komitmen tinggi  negara  terhadap peran pentingnya Guru namun amat disayangkan isinya menyebutkan  Guru  PAUD  Non  Formal bukanlah dianggap Guru. Pada tahun 2017 ini telah keluar pula PP No.19 tahun 2017 yang juga menempatkan hanya Guru PAUD Formal saja yang dianggap Guru.  Regulasi ini bermuara pada diskriminasi dalam memperoleh hak  pembinaan dan kesejahteran Guru PAUD. Pekerjaan mulia Guru PAUD Non Formal tidak dianggap sebagai sebuah profesi sehingga tidak bisa mendapatkan Serifikasi Profesi sebagai Guru PAUD Formal.

Sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945, seharusnya tidak ada diskriminasi terhadap guru yang tugas dan kewajibannya memang sama.  Semua guru PAUD baik di TK, RA, KB, TPA dan SPS memiliki tugas mulia yang sama seperti yang tertuang dalam Standar PAUD, Permendikbud No.137/2014 dan kurikulum PAUD Permendikbud 146/2014. PAUD Formal dan Nonformal juga sama-sama diakreditasi oleh BAN PAUD&PNF. Setiap Anak Usia Dini Indonesia harus mendapatkan guru bermutu dan lembaga PAUD yang layak tanpa melihat anak ini sedang dilayani dimana.   SEMUA Anak Usia Dini dimanapun mereka berada, mereka adalah anak yang sedang pesat tumbuh kembang otaknya; sedang berkembang tulang, otot dan organ vitalnya; sedang dibentuk seluruh karakter&spritualnya, sedang ditumbuhkan pengendalian dirinya dan sedang ditumbuhkan kecerdasan komprehensifnya....Anak usia dini hari ini, pewaris masa depan bangsa. Kepada mereka, negeri ini terhutang janji untuk mencerdaskan; memenuhi hak-hak mereka mendapatkan gizi yang cukup&berkualitas dan mendapat PAUD yang layak dengan guru yang kompeten dan kualified.  Kepada mereka, pewaris masa depan bangsa ini, kita tidak bisa bilang “nanti” juga tidak berguna kata “Maaf” jika semua sudah terlampaui. Karena itulah KESETARAAN GURU PAUD menjadi kata kunci penting mewujudkan masa depan bangsa yang gilang, cemerlang dan terbilang.

Guru adalah pelukis masa depan bangsa. Malpraktik PAUD karena guru tidak dipersiapkan terlebih dulu sebelum bertugas berdampak permanen yang sulit diperbaiki. Karena itulah, pada saat kondisi sesulit apapun dan dalam kondisi landasan yuridis yang belum setara, HIMPAUDI yang sudah berada di semua Provinsi, 92% Kabupaten Kota dan 72% Kecamatan terus bergerak dengan Gerakan Satu Hati, Satu Aksi dan Satu Dedikasi bersama 400.000 guru PAUD Non Formal Se-Indonesia.

HUT HIMPAUDI tahun ini, diisi dengan serangkaian kegiatan yang bertajuk BULAN BAKTI HIMPAUDI UNTUK NEGERI. Beberapa persoalan bangsa menginspirasi kita untuk meneruskan kegiatan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (GERNAS MANJUR), Gerakan Pendidikan Keluarga, Gerakan PAUD Berkualitas dan Gerakan Nasional HIMPAUDI Melatih (GERNAPATIH)  yang telah kita mulai sejak tahun 2015.  Pada tahun ini, sejalan dengan Tujuan Pendidikan Nasional “Mewujudkan Peserta Didik Sehat”,  HIMPAUDI mendeklarasikan Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Anak Usia Dini sebagai upaya bersama terhadap masalah Gizi Kronis (Stunting) pada 37,5% anak balita.   

Apapun tujuan yang ingin diwujudkan di lembaga PAUD, Guru adalah nyawanya, guru adalah penentunya!. Sejalan dengan semangat tersebut HIMPAUDI serentak Se-Indonesia pada hari Minggu Pagi, 27 Agustus 2017 ini, melaksanakan JALAN SEHAT HIMPAUDI. LANGKAH BERSAMA MENUJU KESETARAAN GURU PAUD. Karena Kita telah bertekad dan melangkah bersama memperjuangkan kesetaraan ini. Perjuangan revisi UU Guru&Dosen dan mendorong kebijakan & program yang berpihak pada Mutu Guru PAUD tanpa terkecuali.  Kita sedang berproses...............kita sedang melangkah.............Bersama!

 Kita yakin dan percaya, atas Izin Allah yang maha penolong, melalui kebersamaan kita se Indonesia, melalui keteguhan hati kita untuk memperjuangkan kebaikan, melalui pendidik PAUD yang tetap menjaga Cinta & Idealisme dalam kondisi apapun, akan datang masa dimana Setiap Guru, Mulia dan Setara. Lalu kita songsong datangnya Generasi Baru Cerdas Berintegritas untuk Indonesia Hebat

HIMPAUDI....JAYA!          HIMPAUDI...JAYA!!         INDONESIA...JAYA!!!

 DIRGAHAYU HIMPAUDI....JAYALAH SELALU

Mari selalu Satu Hati, Satu Aksi dan Satu Dedikasi untuk kejayaan anak negeri

Dengan sepenuh hati disampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak tanpa terkecuali yang telah bermitra, mendukung dan bersama HIMPAUDI sejak tahun 2005 sampai hari ini. Terimakasih tulus disampaikan kepada semua Laskar Pejuang HIMPAUDI dimanapun berada. Semoga Allah meridhoi niat dan ikhtiar baik kita semua.  Teriring permohonan maaf kami. Segala hal yang baik hanya milik Allah semata.. Semoga Allah SWT meridhoi niat baik kita semua..

DIRGAHAYU HIMPAUDI KE-12

Salam Cinta Anak Usia Dini



"Pergantian pejabat ibarat pergantian dalam sebuah pertandingan sepak bola, dengan tujuan meningkatkan kualitas tim agar bisa mempertahankan atau memenangkan pertandingan hingga peluit pertandingan berakhir". Muhadjir Effendy, Mendikbud


Visit Indonesia


Marijo Ka Manado







Pengunjung hari ini : 137
Total pengunjung : 518383

Hits hari ini : 393
Total Hits : 9499703

Pengunjung Online: 9